KERAJAAN MAJAPAHIT


 SEJARAH
Setelah Raja Kartanegara  wafat dalam penyerangan Jayakartawang dan Kediri, maka berakhirlah riwayat Kerajaan Singasari. Sementara itu  raden wijaya (menantu Kartanegra)berhasil melarikan diri dan meminta pertolongan kepada Wiraraja(Adipati Sumenep) di Madura. Atas banuan Arya Wiraraja Raden Wijaya bisa diampuni oleh Jayakatwang dan kemudian menjadi orang kepercayaan raja kediri tersebut. Serta dihadiahi hutan Tarik oleh Jayakatwang. Raden Wijaya beserta pengikutnya bersetia untuk menghuni hutan tersebut. Nah disinilah  asal mula berdirinya Kerajaan Majapahit. Kata Majapahit sendiri diambil dara kata Maja yang rasanya pahit. Karena di hutan tersebut terdapat banyak sekali buah Maja
Tanggal pasti yg digunakan sebagai tanggal kelahiran kerajaan Majapahit adl hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja yaitu pada tanggal 10 November 1293. Ia dinobatkan dgn nama resmi Kertarajasa Jayawardhana.
 SISTEM EKONOMI
 Majapahit merupakan negara agraris dan sekaligus negara perdagangan. Majapahit memiliki pejabat sendiri utk mengurusi pedagang dari India dan Tiongkok yg menetap di ibu kota kerajaan maupun berbagai tempat lain di wilayah Majapahit di Jawa.

Menurut catatan Wang Ta-yuan pedagang Tiongkok komoditas ekspor Jawa pada saat itu ialah lada garam kain dan burung kakak tua sedangkan komoditas impor adl mutiara emas perak sutra barang keramik dan barang dari besi. Mata uang dibuat dari campuran perak timah putih timah hitam dan tembaga. Selain itu catatan Odorico da Pordenone biarawan Katolik Roma dari Italia yg mengunjungi Jawa pada tahun 1321 menyebutkan bahwa istana raja Jawa penuh dgn perhiasan emas perak dan permata.
SISTEM KEBUDAYAAN

   Agama Buddha Siwa dan Waisnawa (pemuja Wisnu) dipeluk oleh penduduk Majapahit dan raja dianggap sekaligus titisan Buddha Siwa maupun Wisnu.Walaupun batu bata telah digunakan dalam candi pada masa sebelum arsitek Majapahitlah yg paling ahli menggunakannya. Candi-candi Majapahit berkualitas baik secara geometris dgn memanfaatkan getah tumbuhan merambat dan gula merah sebagai perekat batu bata. Contoh candi Majapahit yg masih dapat ditemui sekarang adl Candi Tikus dan Candi Bajangratu di Trowulan Mojokerto.

SISTEM POLITIK

  Struktur pemerintahan di pusat pemerintahan Majapahit :
1.Raja

2. Yuaraja atau Kumaraja (Raja Muda)

3. Rakryan Mahamantri Katrini

        a. Mahamantri i-hino
     b.
Mahamantri ihulu
     c.
Mahamantri i-sirikan

4. Rakryan Mahamantri ri Pakirakiran

    a. Rakryan Mahapatih (Panglima/Hamangkubhumi)
b.
Rakryan Tumenggung (panglima Kerajaan)
c.
Rakryan Demung (Pengatur Rumah Tangga Kerajaan)
d.
Rakryan Kemuruhan (Penghubung dan tugas-tugas protokoler) dan
e.
Rakryan Rangga (Pembantu Panglima)

5. Dharmadyaka yang diduduki oleh 2 orang, masing-masing dharmadyaka dibantu oleh sejumlah pejabat keagamaan yang disebut Upapat. Pada masa hayam Wuruk ada 7 Upapati.

KEJAYAAN
Hayam Wuruk juga disebut Rajasanagara memerintah Majapahit dari tahun 1350 hingga 1389. Pada masa Majapahit mencapai puncak kejayaan dgn bantuan mahapatih Gajah Mada. Di bawah perintah Gajah Mada (1313-1364) Majapahit menguasai lbh banyak wilayah. Pada tahun 1377 beberapa tahun setelah kematian Gajah Mada Majapahit melancarkan serangan laut ke Palembang menyebabkan runtuh sisa-sisa kerajaan Sriwijaya. Jenderal terkenal Majapahit lain adl Adityawarman yg terkenal krn penaklukan di Minangkabau.
KERUNTUHAN
Sesudah mencapai puncak pada abad ke-14 kekuasaan Majapahit berangsur-angsur melemah. Tampak terjadi perang saudara (Perang Paregreg) pada tahun 1405-1406 antara Wirabhumi melawan Wikramawardhana. Demikian pula telah terjadi pergantian raja yg dipertengkarkan pada tahun 1450-an dan pemberontakan besar yg dilancarkan oleh seorang bangsawan pada tahun 1468. Serta diserbu oleh pasukan islam dari Demak. Sejarah runtuhnya Kerajaan Majapahit ditandai dengan candra sengkala Sirna Ilang Kertaning Bhumi yang berartisirna hilanglah kemakmuran bumi”. 

 

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH TARI KECAK

DOWNLOAD DIBAWAH LINDUNGAN KA'BAH (FILM IDONESIA)

CONTOH DRAMA ROMANTIS (NASKAH DRAMA)