ASAL-USUL PUASA ASSYURA



               Asal usul puasa asyura dimulai dari sejarah Nabi Nuh.Ketika Allah menurunkan badai banjir ke desa itu, Nabi Nuh mengajak warganya untuk ikut dengannya naik kapal Nabi Nuh. Lah ......waktu itulah yang mengwali sejarah puasa ayura.Ditengah badai, kapal itu berlayar dengan tenang dan hanya sedikit orang yang membawa bekal makanan.Coba bayangkan, jika Kita bersama sama tidak mungkin bila kita makan makanan itu sendiri.Waktu itu Nabi Nuh meminta kepada warganya yang ada dikapal itu untuk mengumpulkan makanan yang dibawanya dari rumah mereka masing-masing, Semuanya dikumpulkan jadi satu dan dimasak menjadi bubur.Tidak salah bila sebagian adat jawa kalau tanggal 10 Assyura itu, biasanya membuat bubur yang dinamakan bubur assyura.Dan peristiwa itulah yang mengawali sejarah masak yang di dunia prtama kali.
·         Amalan-amalan dibulan Assyura, diantaranya:
1.       Disunahkan Shalat, shalat di sini bukan shalat wajib, kalau shalat wajib itu harus wajib dilakukan.Yang dimaksud adalah shalat Tasbih.
2.      Disunahkan Puasa.Setiap tanggal 10 assyura kita disunahkan untuk berpuasa, dan orang yahudipun puasa.Oleh karena itu untuk membedkannya, tanggal 9 dan 10 assyura orang islam disunahkan untuk berpuasa. Tanggal 9 itu dinamakan puasa Tasyu’ah dan tanggal 10 dinamakn puasa Assyura.Yang menjadi Pertanyaannya, bilamana jika kita (umat islam) tidak bisa puasa ditanggal 9 Assyura(puasa Tassyu’ah)? Jika kita tidak bisa puasa ditanggal 9 Assyura harus menggantinya dengan puasa ditanggal 11 assyura.Jadi puasanya ditanggal 10 dan 11 Assyura.
3.      Disunahkan untuk mandi assyura. Waktunya kalau nggak salah mulai waktu sore.
4.     Ziarah.Kita disunnahkan untuk berziarah ke makam para alim ulama atau ke makam keluarganya yang sudah meninggal.
5.      Makan mewah/enak.Dibulan Assyura ini, disunnhkan untuk memberi makanan pada keluarganya dengan berbagai makanan yan enak-enak.
6.      Disunnahkan Mengusap kepala/rambutnya anak yatim. Dan mengusapnya itu tidak hanya mnegusap tetapi ada do’anya.!
7.     Disunnahkan Cela’an(memkai pensil mata dibawah mata)
8.      Disunnahkan untuk memotong kuku.
9.      Disunnahkan untuk membaca surah Al Ikhlas sebanyak 1000 kali.
10.   Disunnahkan untuk bersirahturahim.
11.   Disunnahkan Shadaqoh.
12.  Dll.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH TARI KECAK

DOWNLOAD DIBAWAH LINDUNGAN KA'BAH (FILM IDONESIA)

CONTOH DRAMA ROMANTIS (NASKAH DRAMA)