PENTINGNYA ILMU DI DUNIA DAN AKHIRAT





Sebagai umat islam kita wajib menuntut ilmu. Dari hadits yang diriwayatkan oleh HR Ibnu Majah sebagai berikut
طلب العلم فريضة على كل مسلم
Artinya: Menuntut ilmu itu wajib tap muslim(baik muslim maupun muslimah)
Dari hadits di atas menjelaskan bahwa, hokum menuntut ilmu itu wajib atau fardu.Membuktikan bahwa islam memperhatikan pentingnya pendidikan sebagai sarana untuk menuntut ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu sebagai bekal dalam kehidupan akhirat.Bahkan Rasulullah menegaskan dalam hadits lain yang artinya: “carilah ilmu sejak kalian masih di ayunan sampai ke liang kubur. Beberapa ilmu yang kita pelajari seperti tauhid, fiqih, sharaf, matematika, ekonomi, bahasa Indonesia, ipa dll.Akan tetapi tidak semua ilmu pengetahuan yang baik kita pelajari. Seperti ilmu yang mengajar tentang sihir, kekerasan, pencurian, perzinaan poko’nya ilmu yang mengarah kepada kejahatan.
Tahu nggak teman-teman orang yang memiliki pengetahuan, akan ditingkatkan derajatnya oleh Allah SWT. Sebagaimana telah dijelaskan di Al-Qur’an surat Al Mujadilah ayat 11 yang berbunyi:
يَرْفَعْ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَاَلَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ.….……
Artinya: ……..Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. 
Ilmu merupakan kunci kebahagiaan dunia dan akhirat.Telah diriwayatkan oleh H.R. Bukhari yang berbunyi:
"Man aroda dunya fa’alaihi bil ‘ilmi,Man arodal akhiroh fa’alaihi bil ilmi, Wa man aroda huma fa’alaihi bil ‘ilmi Man aroda dunya fa’alaihi bil ‘ilmi, Man arodal akhiroh fa’alaihi bil ilmi, wa man aroda huma fa’alaihi bil ‘ilmi. " (al Hadits)
Artinya: Barang siapa ingin memperoleh kebahagiaan hidup di dunia harus dengan ilmu dan barang siapa ingin memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat harus dengan ilmu.ilmu nantinya dipertanggung jawaban si akhirat. Ilmu bisa menjadi pertolongan bagi orang yang berada di alam kubur.
Seseorang yang telah meninggal, ruh yang berada di tubuh seseorang akan diambil dan ditahan oleh Allah SWT.Pada saat mayat itu telah dikuburkan, ruh yang ditahan oleh Allah SWT tadi dipindahkan ke alam kubur untuk dimintai pertanyaan dan pertanggungjawaban oleh malaikat  Munkar dan Nakir.
Pada saat malaikat Munkar Nakir mendatangi mayat tadi dari sebelah utara diatas kepala, ilmu yang diperoleh semasa hidupnya tadi berkata “wahai malaikat janganlah engkou menanyainya dari arah utara diatas kepala, karena orang ini semasa hidupnnya tidak pernah meninggalkan shalat fardhu(wajib) dan shalat malam (sunnah)”. Lalu malaikat pindah kearah kiri disamping kanan kiri. Ilmupun berkata “wahai malaikat janganlah engkou menanyainya dari arah kiri disamping tangan kiri, sesungguhnya orang ini tidak pernah meninggalkan ibadah puasa”. Lalu malaikat pindah kearah bawah(kaki). Ilmupun berkata lagi “wahai malaikat janganlah engkou menanyainya dari arah bawah(kaki), karena semasa hidupnya orang ini selalu berjalan ke masjid untuk shalat berjamaah”. Lalu malaikat pindah ke arah kanan(samping tangan kanan).Ilmupun berkata pula “wahai malaikat janganlah engkou menanyainya dari arah kanan(samping tangan kanan), karena orang ini semasa hidupnnya suka bershadaqoh”.Dan ketika kita tidak bisa menjawab pertanyaan Malaikat Munkar Nakir karena bahasa yang digunakan bahasa arab sedangkan kita orang Indonesia atau orang luar Arab yang pastinya ilmu itu akan menstransfer, mengsms, meluncurkan, data-data tersebut ke orang tadi, dan kita selamat dari siksa kubur.

Wahai saudaraku demikian artikel tentang  pentingnya ilmu di dunia dan akhirat  dan mohon maaf jika ada kata-kata yang salah.





Comments

  1. Lumayan lah,,,, daripada gk bsa nulis ,,,,,judule yang bener gmana mas -dunua- apa dunia ?

    ReplyDelete
  2. hahaha maaf gan, dunia maksud ana.

    ReplyDelete
  3. semangat mas azam tingkatkan lagi
    by azam kw 10

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MAKALAH TARI KECAK

DOWNLOAD DIBAWAH LINDUNGAN KA'BAH (FILM IDONESIA)

CONTOH DRAMA ROMANTIS (NASKAH DRAMA)